Mengganti trackball blackberry Bold 9000

Mengganti TrackBall Sendiri
BAGIAN-bagian dari ponsel harus kerap diperhatikan. Sebab, pemakaian dalam jangka waktu lama bisa membuat salah satu komponen tidak berfungsi normal. Misalnya, komponen trackball milik BlackBerry (BB). Umumnya, trackball rusak karena aus dan tidak bisa dipergunakan dengan maksimal. Untuk mengatasi hal itu, jalan satu-satunya, trackball harus diganti agar dapat bekerja seperti sedia kala.

Di antara konsumen, banyak yang tidak mau direpotkan dengan memperbaiki telepon genggam yang rusak. Kebanyakan memilih memanfaatkan jasa servis dengan tarif yang disesuaikan dengan tingkat kesulitan. Akan tetapi, tak semua konsumen lari ke layanan purnajual. Ada yang memilih untuk memperbaiki sendiri terlebih dahulu. Terutama komponen yang tingkat kesulitannya rendah. Salah satunya mengganti trackball BB.


Posted ImagePosted ImagePosted ImagePosted ImagePosted Image

''Mengganti trackball termasuk paling mudah dan tidak berbahaya. Hanya perlu kehati-hatian dalam membuka tiap bagiannya,'' kata Oscar Irawan, pemilik toko 57 Shop, tempat servis khusus BB, di Plaza Marina kemarin (19/7). Bahkan, pemula sekalipun, kata Oscar, bisa memperbaiki sendiri. Karena relatif mudah, hanya diperlukan waktu sekitar 15-30 menit untuk membongkar, mengganti, dan memasang kembali. Sebelumnya, siapkan obeng T5, pinset, dan perlengkapan lain yang ujungnya runcing untuk mencongkel bagian trackball.

Oscar menjelaskan, sejumlah tipe BB menggunakan tombol trackball dalam mengoperasikan, tapi yang paling mudah diganti adalah tipe Bold 9000. Tipe lain, seperti Javelin, cenderung lebih rumit dan dianjurkan untuk diganti oleh orang yang ahli. Sebab, salah sedikit bisa membuat kerusakan lain pada handset.

Langkah untuk mengganti trackball, lanjut dia, adalah membuka enam baut di bagian bodi belakang dengan membuka bagian backdoor (penutup baterai). Nanti, ada lima bagian besar dari handset. Yakni, bagian depan (keypad), bezel (tulang), mesin, rangka bagian belakang, dan backdoor. ''Setelah enam baut terlepas, lepaskan rangka bagian belakang, lalu diikuti tiga bagian lain,'' ulasnya.

Untuk melepas, pengguna harus merenggangkan bezel serta dua tangan menekan di bagian samping layar LCD. Setelah terlepas, akan terlihat bagian mesin dari handset. Patut diperhatikan untuk tidak memegang kabel fleksibel LCD di bagian kanan atas secara sembarangan karena memiliki tingkat sensitivitas tinggi jika dibandingkan dengan komponen lain. ''Di mesin ini, terlihat bagian trackball yang memiliki pengunci,'' kata Oscar.

Oscar menguraikan, di bagian trackball tersebut, terdapat empat sisi. Untuk membukanya, gunakan pinset. Cukup dibuka satu sisi, lalu tiga sisi lainnya akan mengikuti. Masih memakai pinset, setelah terbuka, ganti trackball yang sudah tidak berfungsi. Saat ini, harga trackball non-original di pasaran sekitar Rp 50 ribu-75 ribu.

Ketika memasang kembali, lanjut Oscar, bezel harus direnggangkan kembali dan pastikan bisa terpasang pas dengan bagian keypad. Agar memudahkan, cari bagian tengah bezel dan pasang sesuai posisi. Lalu, pasang mesin, rangka belakang, dan terakhir baut. ''Cara ini juga berlaku kalau pengguna ingin mengganti bezel yang berwarna-warni. Sementara itu, mengganti LCD masih belum bisa dilakukan konsumen karena relatif sulit,'' tuturnya.



Sumber:

1 comments:

Anak Brayan mengatakan...

Mantap gan...

semoga bermanfaat...

Posting Komentar

Pengikut