Salah persepsi

Inilah Daftar Merek Dagang Yang Salah Kaprah Di Pakai Masyarakat Indonesia Sebagai Nama Jenis Produk.
Harus diakui, tidak semua produk yang ada di Indonesia ditemukan di negeri ini. Terdapat beberapa produk yang hadir dan merupakan jenis barang baru yang diadopsi dari luar dan tidak jarang kemunculannya pertama kali dipopulerkan oleh suatu merk dagang tertentu.
Seiring dengan waktu, produk tersebut semakin populer dan banyak digunakan, yang pada akhirnya kemudian memunculkan merk dagang baru yang jenis produknya sama namun dengan merk & perusahaan yang berbeda. Namun karena sudah “terbiasa”, seringkali merk yang hadir pertama tersebut melekat di kebiasaan masyarakat dan seolah-olah menjadi jenis produk itu sendiri, saking telah melekatnya di masyarakat.

Contoh merk-merk tersebut diantaranya adalah :
  1. Aqua. Sulit sekali rasanya ketika beli air minum dalam kemasan untuk tidak menyebut Aqua. Merk dagang ini memang sepertinya sudah sangat melekat sebagai ikon dari air minum/mineral dalam kemasan.
  2. InFocus. Saking kuatnya merk dagang ini, sehingga seringkali kita salah menyebut proyektor digital dengan merk ini. Bahkan seringkali beberapa dosen pengajar komputer sekalipun pun menyuruh mahasiswanya, “Tolong bawaiin infocus-nya dong.” Padahal yang digunakan adalah merk Acer misalnya.
  3. Botan. Merk sardene ikan dalam kaleng ini khususnya di kampung-kampung memang sudah menjadi trademark tersendiri.
  4. Indomie. Sebagai pemimpin pasar mie instan, nama Indomie memang lebih dikenal daripada merk-merk lainnya.
  5. Pentium. Nama pentium memang lebih dikenal daripada istilah prosesor komputer, sehingga seringkali beberapa orang ketika bertanya, “Komputernya pentium berapa ?”.
  6. Sanyo (Pompa air).
  7. Tipp-Ex. Adalah merek dagang dari perusahaan Jerman, Tipp-Ex GmbH & Co. KG yang memproduksi produk cairan pengkoreksi. Saking populernya merk ini, sehingga seringkali dipakai sebagai kata kerja yaitu men-tippex.
  8. Aspirin. Merk obat yang diproduksi oleh perusahaan Bayer AG ini, kemudian digeneralisasi menjadi jenis obat demam.
  9. Escalator. Kata umum untuk alat pengangkut manusia/barang (lift) ini, merupakan merk dagang dari perusahaan bernama Otis Elevator Company.


Sumber : kangpriyanto

0 comments:

Posting Komentar

Pengikut