6 Cara Menelepon Yang Sehat


Radiasi !! Inilah kata yang paling mengerikan ketika ponsel telah menempel ke telinga Anda. Memang ngobrol lewat ponsel sangat mengasikkan. Bahkan bisa membuat seseorang lupa waktu. Namun penggunaan ponsel harus tetap ada batasnya.

Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar terhindar dari radiasi ponsel secara berlebihan:


1. Membatasi Panggilan.

Biasakanlah untuk senantiasa membatasi panggilan ponsel hanya pada saat-saat penting saja, pilih cara lain seperti : SMS misalnya. Dan usahakanlah bicara yang singkat, tidak perlu membicarakan hal-hal yang sebenarnya masih bisa ditunda. Berbicara melalui ponsel yang terlalu lama, apalagi hinga berjam-jam.

2. Anak Rentan.

Usahakanlah untuk membatasi anak-anak bebicara lewat ponsel. Bagaimanapun organ tubuh mereka tengah mengalami masa perkembangan dan petumbuhan, radiasi akibat pemakaian jaringan radio tentu memberikan dampak yang tidak baik pada proses pertumbunhan tersebut. Boleh melakukan panggilan ketika darurat, atau kenyamanan menggunakan SMS atau sekedar tahu kabar, dan selebihnya dibicarakan di rumah.

3. Pastikan Sambungan.

Ketika sedang mengontak, tunggulah sampai panggilan benar-benar terkoneksi atau tersambung. Artinya telah diangkat lawan bicara. sangat disarankan untuk tidak meletakkan ponsel dekat telinga sebelum benar-benar tersambung, karena pada saat dial/manggil ponsel bekerja keras untuk mendapatkan jaringan terbaik sehingga menimbulkan radiasi maksimal. Mendengarkan ringbacktone (nada sambung pribadi) memang menarik apalagi lagu yang dipilih juga ok, dalam hal ini boleh saja namun dianjurkan untuk menggunakan Handsfree.

4. Ruang Terbuka.

Lebih baik menggunakan ponsel diruang yang terbuka, karena kerja ponsel akan lebih ringan dalam menstabilkan koneksi ke BTS, dibanding menggunakan ponsel pada ruang yang tertutup,
terlebih-lebih pada ruangan yang tertutup oleh baja atau logam, seperti dalam mobil. Karena
ponsel akan bekerja extra keras dalam menstabilkan koneksi sehingga menimbulkan radiasi yang cukup tinggi. Semakin jauh dari BTS memang daya kerja ponsel akan semakin tinggi, karena ponsel akan mencari jaringan terkuat. Pada saat itu lah pancarannya melebihi kondisi biasanya.

5. Sinyal Satu Bar.

Amati indikator signal, jika bar signal cuma ada satu titik, jangan paksakan untuk menelpon
kecuali dalam keadaan emergency. Mengapa demikian ? karena kekuatan signal khusunya untuk menerima (receiving) sangat lemah. Artinya, ponsel akan memacu dirinya untuk bekerja super extra yang mengakibatkan tingkat radiasi akan semakin tinggi.

6. Saat Pengisian Baterai.

Pada saat pengisian ulang baterai, jelas ponsel berada dalam kondisi yang kurang bertenaga. Maka, dalam kondisi ini biarkan lah ponsel memperoleh pasokan energi sampai kondisi benar-benar optimal. Penggunaan telepon saat in-charg (nge-cas) tentu akan memacu ponsel bekerja disaat sedang menkonsumsi daya yang akan berakibat radiasi meningkat hingga 90%.


Akhir kata, menelpon tidak saja harus sehat buat fisik Anda, seharusnya sehat juga buat saku Anda, jika Anda mampu, maka setidaknya Anda telah menyelamatkan diri dan uang Anda.





Semoga bermanfaat,





2 comments:

myone1way mengatakan...

wah, bahaya y gan ngecharge sambil nelpon...?

Zul mengatakan...

Betol gan... klo boleh dibiarin sampe baterai terisi full dl gan... demi kenyamanan.. hehe ^_-

Posting Komentar

Pengikut