Bahaya Alkohol

ALKOHOLIC?? Masih sayang nyawa??

Bagaimana anda dapat mengatakan jika alkohol adalah suatu masalah untuk anda?. Alkohol adalah suatu masalah jika alkohol menyebabkan timbulnya berbagai masalah dalam bagian hidup anda. Masalah-masalah tersebut antara lain dalam kesehatan anda, pekerjaan anda dan kehidupan anda dirumah serta masalah-masalah lain dalam bagian hidup anda. Anda mungkin bermasalah dengan alkohol jika anda berpikir tentang: minum hampir setiap waktu, jika anda tetap mencoba berhenti dari dalam diri anda sendiri tapi tidak bisa berhenti atau jika anda sering minum secara berlebih dari apa yang anda rencanakan.

Tanyakan pada diri anda sendiri pertanyaan-pertanyaan berikut:
Jika jawabannya adalah iya antara 1 atau lebih dari pertanyaan-pertanyaan berikut ini, anda mungkin mempunyai masalah dengan alkohol. Sudahkan anda pernah merasa:
  • Perlu mengurangi minum minuman keras?
  • Terganggu oleh kritik-kritik karena minum minuman keras?
  • Bersalah karena minum minuman keras.
  • Seolah-seolah perlu minuman keras pada pagi hari?
Yang bermasalah dengan alkohol?

Kebanyakan orang hanya berpikir "gelandangan/pemalas perkampungan jembel" pada saat mereka berpikir tentang seseorang yang bermasalah dengan alkohol. Ini adalah sebutan dari tahap akhir dari berbagai masalah alkohol, saat seorang peminum alkohol kehilangan anggota keluarganya, pekerjaan dan kesehatan karena penyalahgunaan alkohol. Anda tidak dapat mencapai tahap ini dalam waktu semalam.

Anda mungkin memperlihatkan sedikit perubahan-perubahan nyata sepanjang hari, bermula dengan minum minuman keras lebih dari yang anda kehendaki atau rencanakan atau lebih dari dosis keamaan saat anda melakukan kegiatan seperti mengendarai mobil atau sepeda motor.

Kebanyakan orang merasa sulit untuk mengakui jika alkohol merupakan suatu masalah baginya. Seringkali orang disekitar anda mungkin melihat bahwa itu adalah suatu masalah anda sebelum anda mengetahuinya. Pikirkan tentang hal-hal yang disebutkan disini. Pikirkan tentang apa yang teman-teman dan keluarga anda katakan kepada anda tentang kebiasaan minum anda. Kemudian konsultasikan dengan dokter tentang masalah anda tersebut.

Berikut adalah tanda-tanda lain bahwa alkohol adalah suatu masalah.
  • Kecelakaan
  • Kecemasan atau kekhawatiran
  • Menjadi pencuriga yang luar biasa.
  • Tidak sadar/Berkurang atau hilangnya daya ingat.
  • Depresi
  • Mengemudi sementara sedang dalam pengaruh alkohol.
  • Insomnia
  • Hilangnya harga diri.
  • Tidak melakukan perawatan diri sendiri
  • Prestasi kerja rendah
  • Menjalani hari-hari dengan rasa sakit pada waktu bangun pagi setelah minum minuman keras yang terlalu banyak
  • Tangan gemetaran/tremor
  • Pada laki-laki terjadi gangguan dalam ereksi (disfungsi ereksi)
Bagaimana alkohol berpengaruh pada kesehatan anda?

Alkohol paling dikenal dengan baik sebagai penyebab sirrosis hati, penyakit liver/hati. Disamping itu, alkohol meberikan banyak pengaruh pada kesehatan anda. Alkohol merupakan penyabab utama kematian dan cedera karena kecelakaan. Akohol juga dapat berpengaruh pada buruk pada bayi selama kehamilan. Alkohol dapat menyebabkan sakit maag/lambung dikarenakan ulserasi atau perlukaan lambung hingga berdarah atau iritasi lapisan lambung.

Apa saja sebab-sebab alkoholisme?

Penyebab alkoholisme tidak sepenuhnya diketahui. Riwayat alkoholisme pada suatu keluarga (ada anggota keluarga yang juga senang minum alkohol/alkoholisme) lebih memungkinkan terjadinya alkoholisme pada seseorang. faktor gender juga turut berperan, dan laki-laki kelihatannya lebih beresiko tinggi daripada wanita. Beberapa orang minum alkohol untuk menghilangkan atau membebaskan diri dari kecemasan, depresi, tegangan, kesendirian, keragu-raguan diri atau ketidakbahagiaan.

Mengapa sebaiknya anda berhenti minum minuman keras?

Berhenti minum alkohol adalah satu-satunya cara untuk mengehentikan penyebab masalah alkohol dalam hidup anda. Mungkin tidak mudah untuk berhenti dari alkoholisme. Tapi usaha anda untuk berhenti akan dibayar dengan kondisi kesehatan yang lebih baik, hubungan dengan teman dan anggota keluarga serta masaryarakat yang harmonis dan bisa juga berarti suatu prestasi. Saat anda berpikir untuk berhenti, anda mungkin ingin dan perlu membuat daftar alasan-alasan untuk berhenti minum alkohol.

Bagaimana cara berhenti?

Langkah awal adalah sadar bahwa andalah yang mengendalikan perilaku anda sendiri. Itu adalah satu-satunya kontrol yang nyata yang anda punyai dalam kehidupan anda. Jadi gunakanlah kesadaran anda sebagai kontrol perilaku anda. Langkah-langkah selanjutnya adalah:
  1. Berkomitmen untuk berhenti. Sekali anda memutuskan untuk berhenti, anda dapat membuat rencana-rencan untuk memastikan kesuksesan anda.
  2. Cari dan dapatkan bantuan dari dokter yang kompeten. Dokter dapat menjadi pendukung terbaik bagi anda. Alkoholisme adalah suatu jenis penyakit, dan alkoholisme dapat diobati. Bicarakan dan konsultasikan dengan dokter atau konsultan tentang masalah anda agar dapat terbantu dan teratasi.
  3. Dapatkan dukungan. Hubungi atau lakukan kontak dengan organisasi/kelompok atau lembaga konsultasi nasional ketergantungan alkohol dan obat. Mereka dapat memberikan kepada anda perangkat dan dukungan yang anda butuhkan untuk berhenti dari alkoholisme. Mintalah dukungan dan bantuan dari teman dan anggota keluarga anda juga.
Ketika anda minum alkohol, tubuh anda mencoba untuk mengejar pengaruh atau efek-efek tekanan/depresant dari alkohol. Hal ini akan membangun toleransi terhadap alkohol yang mengarahkan pada gejala-gejala penarikan hebat pada saat orang-orang yang terbiasa minum alkohol berlebihan berhenti dari kebiasaan tersebut.

Gejala penarikan alkohol hebat termasuk diantaranya melihat bayangan yang tidak-tidak, serangan dan mengigau hebat (kebingungan, melihat gambaran hidup, tremor hebat (gemetaran), menjadi sangat pencuriga), dan bahkan dapat terjadi kematian. Inilah mengapa anda perlu perawatan dari dokter jika anda sebelumnya peminum berat dan mencoba untuk berhenti dari kebiasaan tersebut.
Semoga bermanfaat..

1 comments:

Adamssein Pustaka Media mengatakan...

assalam, makasih artikelnya, saya ingin jadikan refernsi.

Pencantuman Hak Cipta Dokumennya:

Zulham. 2011. Bahaya Alkohol. http://www.zulham.net/2011/01/bahaya-alkohol.html

Posting Komentar

Pengikut